Polres Karangasem Gelar Simulasi Penanganan Bencana Alam di Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024


foto: simulasi kesiapsiagaan bencana (ist) 

Karangasem, Bali Kini - Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2024, Polres Karangasem bersama dengan dinas terkait melaksanakan Simulasi Penanganan Bencana Alam bertempat di Lapangan Pesat Gatra Polres Karangasem, Jumat (26/4/2024).
Kegiatan ini dipimpin oleh Kabag Ops Polres Karangasem Kompol I Gusti Made Sudarma Putra, S.Sos,.S.H,. M.AP dan diikuti oleh personel gabungan sesuai dengan peran masing-masing.

Simulasi ini bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan dan kesigapan personel gabungan dalam menghadapi bencana alam. Skenario yang dipraktikkan dalam simulasi ini adalah terjadinya gempa bumi yang disusul dengan tanah longsor.

Dalam simulasi ini, personel gabungan melakukan berbagai tugas, seperti Evakuasi korban, Pencarian dan penyelamatan, Pemberian bantuan medis, Pengaturan lalu lintas, Penanganan kebakaran
Simulasi ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana. Personel gabungan menunjukkan kesiapsiagaan dan kesigapan dalam menjalankan tugasnya masing-masing.




Kapolres Karangasem, AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P., mengapresiasi pelaksanaan simulasi ini. Dia mengatakan bahwa simulasi ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam.

"Simulasi ini penting untuk melatih kesiapsiagaan dan kesigapan personel gabungan dalam menghadapi bencana alam. Saya harap dengan adanya simulasi ini, personel gabungan dapat lebih siap dalam menghadapi situasi darurat," kata Kapolres Karangasem.

Kapolres Karangasem juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam. Dia meminta kepada masyarakat untuk segera melapor kepada pihak terkait jika melihat atau mengalami tanda-tanda akan terjadinya bencana alam.

"Masyarakat harus selalu waspada dan segera melapor kepada pihak terkait jika melihat atau mengalami tanda-tanda akan terjadinya bencana alam," kata Kapolres Karangasem. (Ami) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama