2 Tahun Tak Dapat Siswa, SD N 10 Karangasem Akan Unjuk Diri Lewat Prestasi, Akan Buka Les Private Gratis

 


Foto: salah satu kelas di SD 10 Karangasem Hanya di isi 5 orang siswa


Karangasem, VoB - Salah satu sekolah SD Di Kabupaten Karangasem, bak sekolah les private. Dikarenakan, 1 kelas hanya di isi oleh beberapa siswa saja. Hal ini dikarenakan sekolah SD N 10 Karangasem minim peminat. 

Dimana, jumlah siswa dalam 1 angkatan bisa dihitung jari. Namun meski begitu, kualitas anak-anak didiknya tidak kalah dengan sekolah Dasar lainnya, karena menurut Kepala Sekolah SD N 10 Karangasem, Dra. Desak Putu Ariyanti, para guru lebih mudah untuk memantau atau mengajari muridnya yang berjumlah sedikit tersebut. "Proses belajarnya lebih efektif karena siswa bisa diajar secara individual," Tandasnya. 

Kelas di SD 10 Karangasem, Tahun ini hanya di isi oleh 4 kelas saja dengan 4 angkatan. Kelas III berjumlah 6 orang. Kelas IV berjumlah 5 orang. Kelas V di isi 12 siswa dan kelas VI, 11 orang siswa. Sementara untuk kelas I, II dan III kosong, dikarenakan tidak mendapat siswa. Total siswa di sekolah tersebut hanya 34 orang saja. 

"Kemarin sempat ada 1 siswa yang daftar sudah mengikuti MPLS 1 hari, entah bagaimana pertimbangan dari orang tua muridnya akhirnya beliau minta ijin untuk memindahkan anaknya ke sekolah lain yang muridnya lebih ramai," Kata Desak Ariyanti, Kamis (25/7/2024). 


Foto: Kepala Sekolah SD N 10 Karangasem, Dra. Desak Putu Ariyanti (ami) 

Meski begitu, sekolah yang punya halaman luas dan fasilitas yang tidak kalah dengan SD lain di sekitarnya ini tetap berjalan seperti biasa. Tak hanya diam, para guru di sekolah ini telah berusaha menarik minat siswa-siswi untuk masuk ke SD N 10 Karangasem. 

"Kami akan mengadakan les private secara gratis, di sore hari. Kami akan membuktikan jika siswa sekolah kami bisa berprestasi dengan mengikuti lomba-lomba. Sebelumnya pun siswa-siswi kami sudah pernah berprestasi, seperti lomba mesatua Bali, menulis Bali, Pramuka dan lain-lain," Tandasnya sambil menunjukkan deretan piala yang terpajang dilemari. 

Kedepan, pihaknya berharap agar sekolah tersebut dapat dilirik kembali oleh para siswa lainnya. (Ami) 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama