Wayan Koster Laksanakan Sosialisasi Haluan Pembangunan Bali 100 Tahun Era Bali Di Kabupaten Karangasem

Karangasem, VoB - I Wayan Koster melaksanakan Sosialisasikan haluan pembangunan Bali masa depan 100 tahun era Baru 2025-2125 pada Jumat (12/7/2024) di Gedung MPP Amlapura, Kabupaten Karangasem. Dengan menggandeng elemen masyarakat dari perbekel, tokoh, perwakilan organisasi pemuda sulinggih dan lain sebagainya. 

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Wayan Koster menjelaskan terkait konsep haluan pembangunan Bali, dari masa lalu, masa sekarang hingga masa kini atau dinamakan juga alur waktu, atita, wartamana dan nagata.

Aspek lainnya juga yakni ideologi kultural (budaya) religius (adat istiadat tradisi lokal yang menyatu dalam kehidupan dresta Bali). 

"Kata Nangun sat kerti loka Bali tidak hanya di senangi oleh budayawan, namun masyarakat Bali keseluruhan. Dahulu itu, Alam gunung masih terjaga kesuciannya. Sawah tanpa pestisida, Laut bersih sungai jernih danau lestari tidak ada pariwisata tidak ada alih fungsi lahan untuk kepentingan industri tidak ada exploitasi masih bersih," Katanya. Untuk melestarikan keberlangsungan atas segala yang ada terdahulu di Bali, Ketua PDI-P Bali ini mengatakan, masyarakat dapat menempuh jalan Niskala. Seperti upakara-upakara yang selama ini sudah taat dilaksanakan penduduk Bali. (Ami) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama