Kawal Hak Pilih, Bawaslu Karangasem Hadiri Pleno Rekapitulasi Penetapan DPS


Karangasem, VoB - Sehubungan dengan penetapan rekapitulasi penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Minggu (11/8), KetuaBawaslu Karangasem, I Nengah Putu Suardika menghadiri forum tersebut. Tak seorang diri, Suardika hadir bersama Kordiv P2H Bawaslu Karangasem, Azwardi Natta selaku PIC Pengawasan tahapan penyusunan dan pemuthakiran daftar pemilih. 

Sebagaimana visi misi Bawaslu untuk menjaga hak pilih diseluruh negeri, pada kesempatan tersebut Bawaslu Karangasem menyampaikan beberapa temuannya selama pelaksanaan patroli kawal hak pilih.

Oleh Azwardi disebutkan bahwa sepanjang penyusunan dan pemuthakiran daftar pemilih terdapat beberapa hal yang ditemukan oleh Bawaslu Karangasem beserta jajaran. Salah satu contohnya adalah adanya penduduk yang tidak memenuhi syarat (TMS) namun justru dinyatakan memenuhi syarat (MS) sebanyak 1 (satu) orang, penduduk yang MS namun justru dinyatakan TMS sebanyak 1 (satu) orang, serta disabilitas yang tidak dicoklit sebanyak 124 orang.

“Jajaran kami (Panwascam) sudah memberikan saran perbaikan kepada PPKsebanyak 126. Itu bagaimana? Kami ingin dengar dari teman PPK”, tanya Azwardi dalam forum. Dari hasil pengawasan, kejadian demikian terjadi di 3 (tiga) kecamatan dengan rincian antara lain Desa Antiga Kelod, Desa Bebandem, dan Desa Tulamben. 

"Koordinasi antara Panwascam dengan PPK mungkin kurang maksimal, jadi kami disini ingin memastikan kembali. Terima kasih atas tanggapannya," ucap Azwardi kepada seluruh PPK yang memberikan tanggapannya.

Lebih lanjut, Azwardi juga meminta kepada KPU agar mengakomodir pemilih yang tercecer kedepannya. "Konsen kami dalam patroli kawal hak pilih nanti adalah terhadap data pemilih yang tercecer. Nanti tentu ada masukan dari Bawaslu maupun Panwascam. Nah tolong ini ditindaklanjuti ", tutup pria asal Sinduwati itu. 

Perintah Bawaslu itu diamini oleh ketua KPU Karangasem, I Putu Darma Budiasa yang menyatakan siap menindaklanjuti rekomendasi dari bawaslu. "Kalo nanti ada masukan terkait data pemilih sebelum ditetapkan akan kami tindak lanjuti", jelas Putu Darma. (Ami) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama